Usaha Tetap Bertahan Dalam Keadaan Pandemi Covid-19

 


Foto : Dokumen Pribadi

Sebagai salah satu mitra Pertamina, usaha home industri Irma Sofia yang memproduksi sepatu dan sandal wanita di Daerah Pasir Eurih, Kabupaten Bogor, ikut mengalami dampak yang signifikan. Irma mengatakan Pandemi Covid-19, mesti dihadapi dengan melakukan berbagai hal, agar bisnis Kita tetap bisa bertahan bahkan tumbuh.

Upaya-upaya yang Saya usahakan ungkap Irma, yakni dengan cara melakukan inovasi produk, mempersiapkan diri untuk skenario terburuk, dan memanfaatkan e-commerce dan fitur-fiturnya. Dengan demikian Saya belajar untuk bertahan pada masa pandemi ini, bersabar dan melihat peluang dulu, tidak gegabah, atau mudah tergiur oleh hal-hal yang kelihatan sangat mudah dan cepat menguntungkan tambahnya.


 Foto: Dokumen Pribadi

Apa yang Saya lakukan tidak lain agar Saya tetap fokus dalam melakukan kegiatan dan mengelola usaha Saya, tidak berganti usaha, walaupun masih dalam keadaan terbatas dan adanya peraturan protokol kesehatan yang begitu ketat. Fokus dalam mengelola usaha menurut Saya penting, agar usaha yang Saya kelola dapat terus berkembang dan sukses, ungkap Irma lagi. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengakses Penambahan Modal Dan Pengembangan Usaha Melalui Program Kemitraan BUMN

Yayasan Program Pembangunan Perekonomian Kerakyatan Pedesaan Terpadu (YP3KPT)

Tentang YP3KPT